Garuda Wisnu Kencana, Mahakarya Indonesia


Bicara Indonesia memang tiada kelarnya. Dari ujung barat pulau We hingga pojok timur Merauke, semua memiliki ciri dan keindahannya masing-masing yang bila dijabarkan satu per satu akan menghabiskan beribu-ribu rim kertas. Daripada waktu kita habis untuk membaca ribuan rim kertas itu, mari kita simak sejenak dua halaman saja yang bisa membuat kita sangat bangga dengan negeri tempat pertama kita berdiri.

Kebanggaan itu ada di pulau Bali, tepatnya di tanjung Nusa Dua, kabupaten Badung, kurang lebih 40 kilometer di selatan Denpasar. Di sana terdapat sebuah “proyek” yang nantinya akan menjadi sebuah mahakarya yang bakal dikagumi dunia. Proyek yang berupa patung Dewa Wisnu sedang mengendarai burung Garuda tersebut tingginya akan melampaui patung liberty di Amerika Serikat bila sudah jadi.

Patung yang diberi nama Garuda Wisnu Kencana itu tidak hanya akan menjadi maskot Bali, tetapi juga akan turut mendongkrak dunia pariwisata Indonesia lebih tinggi lagi. Meskipun baru menyelesaikan bagian kepala Dewa Wisnu dan paruh burung garuda, sudah terbayang betapa megah bila semua bagian sudah tegak berdiri. Adalah I Nyoman Nuarta yang bakal tercatat dalam sejarah sebagai pembuat patung terbesar di dunia dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter itu.

Bila Anda datang ke sini, Anda akan disambut taman cantik dengan kolam air mancur yang menentramkan pikiran. Setelahnya, Plaza Wisnu yang terdapat patung Dewa Wisnu setinggi 12 meter sudah siap menyapa Anda. Meski bagian lengan belum jadi, kesan gagah jelas terlintas. Menapaki beberapa anak tangga, Anda akan masuk ke Plaza Garuda. Patung kepala sang Garuda akan membuat Anda merinding sekaligus menganga terpesona. Menoleh sedikit, Anda akan jauh lebih dibuat terpesona karena pilar-pilar batu kapur alami berukuran sangat besar tersusun rapi mengelilingi lapangan rumput yang luas. Lapangan tersebut sering dibuat sebagai tempat acara luar ruangan skala internasional, salah satunya upacara pembukaan Asian Beach Games 2008 silam.


Perwujudan Simbol Keagamaan
Dewa Wisnu yang dipercaya oleh umat Hindu sebagai dewa yang menjaga dan mendominasi alam semesta diwujudkan dengan patung besar nan gagah sedang menunggangi Garuda sebagai kendaraan Dewa Wisnu yang menyimbolkan kebebasan dan pengabdian tanpa pamrih. Ditempatkan setinggi 263 meter di atas permukaan laut, Garuda Wisnu Kencana disimbolkan akan menjaga alam Bali dan negeri Indonesia pada umumnya agar tetap lestari.

Tidak jauh dari patung Dewa Wisnu, terdapat Parahyangan Somaka Giri, sebuah mata air keramat yang dialiri air dengan kandungan mineral tinggi. Kabarnya, keberadaan air di puncak bukit kapur padas ini merupakan sebuah keajaiban dan belum dapat dijelaskan secara ilmiah. Air tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit oleh masyarakat setempat. Selain tempat-tempat yang telah disebutkan, di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat Street Theatre, Indraloka Garden, Amphitheater, dan Tirta Agung.

Taman wisata Garuda Wisnu Kencana hanya secuplik keajaiban dari negeri ini, bahkan Bali sekalipun. Bali juga merupakan pulau kecil di antara gugusan pulau-pulau besar nusantara. Tak terbayang keindahan-keindahan lain yang belum tersingkap. Mari eksplorasi wisata dalam negeri, mari cintai Ibu Pertiwi.

klik dan vote: http://jelajahbumipapua.com/home.php?link=content-detail-tulis&kode=556&jdl=Garuda.Wisnu.Kencana..Mahakarya.Indonesia




Komentar