Olahraga Indonesia Harus Bisa

Sudah tiga belas tahun lamanya rakyat Indonesia tidak merasakan gelar juara umum pesta olahraga terakbar se-Asia Tenggara, Asean Games atau yang biasa disebut Sea Games. Sejak terakhir kali menjadi tuan rumah pada tahun 1997 di Jakarta, peringkat kontingen Indonesia di Sea Games paling bagus hanya di posisi 3 besar klasemen. Pada Sea Games 1999, 2001, dan 2003 Indonesia berturut-turut menempati posisi 3. Penurunan peringkat terjadi pada Sea Games 2005 di Manila, Indonesia hanya berhasil mencapai peringkat kelima dan naik satu strip pada Sea Games 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand serta naik satu strip lagi di Sea Games 2009 di Vientiene, Laos.

Di Sea Games 2011 yang akan diselenggarakan di negeri sendiri, kontingen Indonesia tidak boleh kehilangan muka lagi. Indonesia harus sukses ganda. Sukses sebagai tuan rumah yang baik dan sukses prestasi dengan menjadi juara. Segenap elemen bangsa punya peran dalam hal ini, mulai dari PB-PB yang bersangkutan, panpel, atlet, pelatih, masyarakat, hingga pemerintah harus memberikan sumbangsih terbaiknya untuk Indonesia. Diharapakan masyarakat bersedia meluangkan waktunya untuk datang ke gelanggang mendukung atlet-atlet merah putih berlaga. Atlet-atlet juga wajib berlatih keras dan bermain sampai detik nafas penghabisan demi mengumandangkan Indonesia Raya sebanyak-banyaknya di negeri sendiri.

Sudah terlalu lama rakyat menahan dahaga untuk berpesta, bersorak kegirangan, dan menari gembira. Kali ini, kita tidak boleh gagal lagi. Memori 1997 harus diulang, berpesta di negeri sendiri. Ayo putra dan putri pertiwi, olahraga Indonesia harus bisa!



Jakarta, 6 April 2011
Nugroho Sejati

Komentar